Terapi Pijat sebagai Alat untuk Bersantai Kuda Balap

Terapi Pijat sebagai Alat untuk Bersantai Kuda Balap

Terapi Pijat sebagai Alat untuk Bersantai Kuda Balap – Begitu sering kuda balap terutama kuda Arab murni saat sedang berlatih mengalami stres terkait dengan pola dan cakupan pelatihan. Oleh karena itu kadang pelatih yang baik, memijat kudanya agar rileks. Dalam penelitian yang diterbitkan oleh Animal Science Journal (2016 4 Sep, Kowalik et al), telah diteliti efek pijatan yang moderat pada detak jantung kuda Arab murni selama musim balapan. Sama seperti pijatan biasa yang mengurangi ketegangan pada manusia, Para peneliti juga ingin memeriksa efek peredaan rasa cemas tegang yang sama dapat dikurangi pada kuda.

Selama percobaan, baik kelompok dalam kontrol maupun kelompok eksperimen dari 72 kuda dalam penelitian ini berlatih balapan enam hari seminggu, dengan kelompok kuda percobaan yang dipijat tiga hari seminggu. Denyut jantung dan variabilitas detak jantung — tayang dianggap sebagai indikator keadaan emosi — dievaluasi untuk total enam kali pengukuran setiap 4-5 minggu. Lalu demi menilai variabilitas detak jantung, Alat ukur diambil selama keadaan yang berbeda: a) saat istirahat; b) selama perawatan dan pelana; dan c) selama berjalan-jalan yang dipasang pada saat pemanasan.

Hasilnya, penelitian ini menyimpulkan: “Perubahan parameter sepanjang musim menunjukkan bahwa pijatan dapat digunakan secara efektif untuk membuat kuda pacu lebih santai dan tenang. Selain itu, kuda-kuda dari kelompok eksperimen (yang dipijat) kinerja balapannya tercatat jauh lebih baik. “

Dari sana sudah jelas efek pijat pada kuda. Toh, pada saat manusia merasakan rasa sakit di otot masing-masing atau merasa linu pada bagian tubuh tertentu, manusia kerap mengunjungi ahli pijat terapis, yang akan memijat dan melonggarkan otot demi membantu penyembuhannya. Kuda juga memiliki berbagai otot, tetapi mereka tidak mungkin meminta tuannya untuk dipijat, di bagian tertentu, maklum kendala bahasa.

Tapi tuannya bisa memperkirakan, kapan si kuda butuh dipijat, penelitian di atas, sudah bisa jadi tolakan, sesering mungkin jika kuda tersebut sering berlatih dan berlomba. Lagipula kuda tidak merasa nyaman kadang diperlihatkan sang kuda saat mulai menunjukkan perubahan sikap yang tidak terlihat wajar. Plus rutin memijat, bisa dikatakan sebagai mencegah sebelum sakit. Pelatih wajib membantu para penunggang kuda agar kuda tetap dalam kondisi terbaiknya dan mencegah cedera otot yang lebih lebih serius.

Perawatan pijat kuda dapat dilakukan pada kuda manapun, bisa kuda poni, kuda keluarga, kuda kompetisi atau kuda balap. Cara pijat yang pantas yang artinya dilakukan secara profesional pada manusia juga bisa membantu kuda. Saat ini, banyak juga pelatihan memijat kuda professional, untuk pelatih kuda. Dari situ juga pelatih bisa dapatkan selain teknik pijat, juga resimen pelatihan baru yang melibatkan pijat kuda.

Resimen Perawatan dengan pijat ini harus digunakan sebelum dan sesudah kompetisi, selama pelatihan atau dengan basis reguler, atau tergantung pada kebutuhan sang kuda. Kuda yang telah ditempatkan pada jadwal latihan yang terbatas, atau diistirahatkan karena mendapatkan cedera juga bisa dipijat demi mendapat manfaat besar dari pijatan tersebut.

Jika sang kuda kehilangan kekuatan ototnya, perawatan pijat dapat membantu membangun otot otot agar bisa lebih keras lagi. Pijat dengan demikian memperkuat otot, serta mencegah timbulnya atrofi, membantu kerusakan pada jaringan serta otot yang kaku karena latihan lari yang berat. Atribut positif lain dari perawatan ini adalah perawatan ini meningkatkan sirkulasi dan pergerakan, meredakan kejang otot, meningkatkan otot kuda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!