Perawatan Khusus Kuda Pacu Indonesia

Perawatan Khusus Kuda Pacu Indonesia

Perawatan Khusus Kuda Pacu Indonesia – Apakah anda senang dengan kuda? Kuda jenis apapun itu, entah kuda biasa atau kuda balap. Kalau anda senang dengan kuda, tentunya anda pasti pernah melihat atau menunggangi kuda walaupun hanya sekali. Dan jika kebetulan anda orang yang sering bertemu dengan kuda balap, entah sebagai pemilik, atau orang yang bertugas merawat kuda, anda harus mengetahui bagaimana caranya merawat kuda balap. Karena menyayangi kuda saja tidak akan cukup kalau anda tidak bisa merawatnya. Untuk itulah dalam artikel ini akan dijelaskan bagaimana caranya merawat kuda dengan baik, terutama untuk kuda pacu. Ketika kuda pacu tidak dirawat dengan baik, maka ia tidak akan bisa berlari dengan cepat.

Apa saja perawatan yang harus diberikan kepada kuda pacu agar selalu berada dalam kondisi primanya?
• Seperti hewan lainnya, kuda juga membutuhkan kendang yang nyaman sebagai tempat beristirahat. Kandang untuk kuda pacu ada standarnya tersendiri, minimal kendang tersebut memiliki lantai yang kering, tidak panas dan tidak kehujanan alias memiliki atap, dan bebas dari serangga. Ketika kuda beristirahat, ia akan berada pada posisi rebahan maka kandang kuda harus memiliki ukuran yang Panjang. Lebih baik lagi memberikan alas berupa jerami sebagai tempat tidurnya agar dapat beristirahat dengan lebih nyaman.

• Makanan adalah hal penting yang tidak boleh terlewatkan. Sama seperti manusia, untuk mendapatkan kondisi tubuh yang prima, maka kuda harus mendapatkan makanan yang sesuai. Untuk kuda berukuran sedang, ia membutuhkan pakan setidaknya 9 kg per harinya. Anda bisa memberikan rumput dan jerami sebagai pakan utamanya, namun tidak menutup kemungkinan anda memberikan makanan lainnya untuk mendapatkan nutrisi tambahan seperti biji jagung dan gandum. Jangan pernah memberikan sisa tanaman seperti tongkol jagung dan sisa biji karena tidak baik untuk kesehatannya. Sedangkan untuk air minum, dalam sehari kuda pacu dapat mengkonsumsi 30 L air per harinya.

• Untuk menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh, anda bisa memberikan garam balok khusus untuk kuda. Apabila tubuh memiliki elektrolit yang seimbang, maka tubuh akan menjadi lebih sehat karena proses pengeluaran keringat, lender hidung dan air seni dapat mengurangi jumlah elektrolit dalam tubuh.

• Bersihkan kendang kuda secara rutin untuk menghilangkan bau tidak sedap dan mencegah timbulnya penyakit-penyakit yang tidak diinginkan. Apabila tidak rutin dibersihkan maka kotoran kuda akan menumpuk dan bisa menjadikan kandang tersebut tidak sehat karena menjadi sumber penyakit.

• Selain kandang yang harus dibersihkan secara rutin, tubuh kuda juga harus dibersihkan. Bisa dengan memandikannya, menyisir ekor dan rambutnya, hingga memotong kukunya ketika sudah panjang. Kuku yang terlalu panjang akan menyusahkan kuda ketika berjalan, apalagi berlari.
Kira-kira kuda pacu apa saja yang bisa anda rawat dengan cara-cara diatas? Jawabannya adalah semua jenis kuda pacu, bahkan bukan kuda pacu saja lebih baik dirawat dengan cara yang sama. Kira-kira di Indonesia ada kuda pacu jenis apa saja?
• Kuda Sumba
Berasal dari NTT (Nusa Tenggara Timur) yang menjadi kuda pacu terbaik di Indonesia. Kuda ini juga memiliki nama lain, yaitu Sandelwood poni dengan ciri-ciri tubuh kecil (tinggi 1,3 meter). Walaupun tubuhnya kecil, kuda sumba memilih daya tahan tubuh yang besar.

• Kuda Pacu Jawa
Bagian belakang tubuhnya lebih kecil dibandingkan bagian depannya. Walaupun begitu, kuda pacu ini memiliki fisik yang kuat, tidak kalah kuat dengan kuda sumba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!